Home » » Pengertian SEO dan fungsinya

Pengertian SEO dan fungsinya


Airflashnews - Pengertian SEO dan fungsinyaSEO adalah kepanjangan dari "search engine optimization" yang banyak dikatakan proses dimana suatu web akan berhasil,SEO sendiri adalah sebuah peng-optmalan pada suatu blog yaitu memperbaiki struktur-struktur HTML blog dan membuat nya sedemikian (SEO) mungkin agar dapat memasuki halaman pertama google,serta menembak keyword yang tepat agar blog anda dapat ditemukan dengan keyword yang menyambung


Dan yang perlu sobat uncu ketahui,SEO dapat mencari berbagai target misalkan:artikel,video,berita,akademik,dll

Dan dalam peng-optimalan suatu situs tentu ada cara alami dan curang,berikut macam-macam caranya

White hat SEO:ini merupakan cara peng-optimalam yang sangat alami yaitu mencapai hasil yang memuaskan dengan merancang situs se-SEO mungkin tanpa melanggar aturan-aturan google,sering disebut juga SEO etis
Black hat SEO:dan ini merupakan lawan utama dari White hat karna mencapai hasil tertentu dengan mengambil resiko dan menentang aturan google,dan hanya mementingkan peringkat,karna trik ini tidak akan bertahan lama

Dan nanti saya akan lebih menjelaskan tentang jenis-jenis peng-optimalan seperti ON-page dan OFF-page

Mengapa perlu belajar dan bisa Optimasi ?
Terutama bagi yang jualan online, dengan tampilnya informasi website kita di halaman pertama Google, maka pengunjung (calon konsumen) akan berdatangan ke website. Dengan demikian kemungkinan terjadinya transaksi semakin besar. Biasanya kemungkinan terjadinya transaksi adalah 10% dari pengunjung yang datang, jadi kalau ada 10 pengunjug, kemungkinan satu orang pengunjung akan transaksi.

Sederhananya ada 5 langkah untuk mengoptimasi website atau blog :

1. Riset Kata Kunci (Keyword)

Ini berfungsi untuk mengetahui kata kunci apa saja yang digunakan oleh para mengguna Google dalam mencari informasi yang mereka inginkan. Biasanya jika seseorang akan membeli produk, ia akan mencari menggunakan keyword : jual + produk, misal, jual rumah, jual mobil dll

Alat yang digunakan untuk melakukan riset kata kunci adalah : Google (Adword) Keywords Tool dan Google Trends.

2. Optimasi Internal (Onpage)


Langkah-langkahnya :
* Memasukkan kata kunci (hasil riset) pada : URL, Judul website, Deskripsi wensite, Judul Posting, Isi Posting, Metatag.

* Mebuat posting/konten yang bermutu

3. Optimasi Eksternal (Offpage)

Menyebarkan URL (alamat website) ke website lain (yang relevan), termasuk menyebarkannya melalui social media. Atau menempelkan URL ke blog kita sendiri yang sering diupdate.

4. Evaluasi hasil optimasi


Evaluasi ini diperlukan untuk mengetahui apakah teknik-teknik optimasi yang sudah dilakukan sudah sesuai rencana awalnya.
Evaluasi ini bisa dilakukan dengan menggunakan Google Webmaster Tool, Google Analytics dan freware Free Monitor For Google.

5. Analisa Kompetitor

Kita harus mengetahui kekuatan optimasi kompetitor agar optimasi yang kita lakukan lebih baik dari yang kompetitor lakukan. Yang perlu dianalisa adalah jumlah konten dan backlink kompetitor.

Untuk menganalisa jumlah konten suatu website, kita bisa menggunakan Google dengan perintah, site:alamatwebsite .Perintah ini akan menghasilkan jumlah konten suatu website berserta alamat lengkapnya.

Sedangkan untuk mengetahui jumlah dan informasi backlink website bisa menggunakan Alexa.com

Agar posisi/rangking pencarian lebih baik maka teknik optimasi kita harus lebih baik dari yang kompetitor lakukan.

Sekian postingan singkat ini semoga membantu

0 komentar:

Post a comment

Info Terbaru